Thursday, June 13, 2013

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Berawal dari pecahnya “perang asia timur raya “, serta amerika menyebutkan perang pada jepang dikarenakan serbuan tentara jepang di pusat pertahanan amerika serikat “pearl harbour” pada tgl 8 desember 1941. tentara jepang dengan angkatan laut serta angkatan udaranya makin agresif beraksi mendarat di lokasi indocina, filipina, malaya serta indonesia. pemerintah hindia belanda turut ikutan sekutu menyebutkan perang dengan jepang. jepang mendarat ke indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan belanda. pendaratan pertama tentara jepang di tarakan lantas merambah ke tempat balik papan, manado, ambon, makasar, pontianak serta palembang. tempat area di jawa juga dikuasainya, pada tgl maret 1942, jepang mendarat di banten, indramayu serta rembang. wilayahnya makin meluas dengan dikuasainya batavia tgl 5 maret 1942, serta makin merajalela ke lokasi surakarta, cikampek, semarang serta surabaya. belanda makin terdesak dengan penyerangan jepang serta ooh selanjutnya pemeritah hindia belanda menyebutkan “menyerah tanpa syarat”



Masyarakat indonesia awal mulanya menyongsong dengan ramah kehadiran militer jepang, bisa dilihat dari sikap kooperatif tokoh tokoh nasional kita ir. soekarno serta moh hatta. pemerintahan jepang mulai aktif merangkul rakyat dengan pembentukan organiasasi masyarakat, yang sesungguhnya “ada udang di balik batu” sesungguhnya dibalik itu untuk keperluan jepang di perang dunia ii. organisasi itu diantaranya :gerakan tiga a, pusat tenaga rakyat ( putera ), jawa hokokai, seinendan, keibodan, fujinkai, heiho, miai, pembentukan bpupki

bpupki( badan penyelidik usaha usaha persiapan kemerdekaan ri ) dibentuk pada th 1943 di bawah pemerintah perdana menteri tojo, bertugas untuk pelajari serta menyelidiki perihal hal yang penting serta butuh untuk pembentukan pemerintah indonesia. dalam perubahannya setelah itu bpupki dibubarkan serta diganti nama oleh tokoh pejuang kita, dari bpupki jadi pppki atau dikenal dengan docoritsu junbi inkai, dengan penggantian nama ini terkesan bahwa organisasi pppki bukan hanya bentukan jepang namun hasil kesepakatan serta perjuangan beberapa tokoh kemerdekaan indonesia. momen penting yakni pertemuan soekarno, m hata serta rajiman wedyodiningrat dengan jenderal terauchi di dalat mengemukakan bahwa pemerintah jepang sudah mengambil keputusan dapat berikan kemerdekaan pada indonesia yang wilayahnya meliputi bekas lokasi hindia-belanda.

kekalahan jepang serta kemerdekaan indonesia



pasukan jepang mulai melemah, kekalahan serta kekalahan diperolehnya serta amerika makin kuat, terlebih sesudah menarik pasukannya yang ada di eropa. serangan jepang bisa dihentikan oleh tentara amerika diantaranya pada bln. mei 1942 di pertempuran laut koral serta juni 1942 di pertempuran midway. jepang makin klepek klepek dikarenakan amerika mengamuk hingga pada tgl 6 agustus 1945 as menjatuhkan bom atom pertamanya di hiroshima. amerika belum senang juga serta tiga hari lantas tanggal 9 agustus bom atom ke-2 mendarat kembali di kota nagasaki, dua pusat kota pemerintahan jepang jadi hancur rata dengan tanah. selanjutnya ohhhh jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu pada tgl 14 agustus 1945. penyerahan kalah itu dikerjakan di kapal missouri pada tanggal 2 september 1945 oleh kaisar hirohito( jepang ) serta jendral douglas mc arthur( sekutu )

berita kekalahan jepang pada sekutu tidak bisa disembunyikan, dengan perjanjian post dam jepang menyerahkan kekuasaannya pada sekutu serta otomatis di indonesia berlangsung kekosongan kekuasaan. peluang ini digunakan oleh bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

Salam
Berbagi Info

0 komentar:

Post a Comment