Wednesday, June 19, 2013

Sejarah Asuransi Di Negri Kita Indonesia

usaha asuransi masuk ke indonesia pada saat penjajahan belanda serta negara kita pada saat itu dimaksud nederlands indie. keberadaan asuransi di negeri kita ini sebagai

akibatberhasilnya bangsa belanda dalam sektor perkebunan serta perdagangan di negeri jajahannya.

untuk menanggung kelangsungan usahanya, maka ada asuransi mutlak dibutuhkan. karena usaha pera. suransian di indonesia bisa dibagi dalam dua kurun waktu, yaitu zaman penjajahan sampai tahun 1942 serta zaman setelah perang dunia ii atau zaman kemerdekaan.

pada saat pendudukan bala tentara jepang sepanjang lebih kurang tiga 1/2 tahun, nyaris tidak mencatat histori perubahan.

perusahaan-perusahaan asuransi yang ada di hindia belanda pada zaman penjajahan itu yaitu :

perusahaan-perusahaan yang didirikan oleh orang belanda.
perusahaan-perusahaan yang disebut kantor cabang dari perusahaan asuransi yang berkantor pusat di belanda, inggris serta di negeri yang lain.
dengan sistem monopoli yang digerakkan di hindia belanda, perubahan asuransi kerugian di hindia belanda terbatas pada aktivitas dagang serta keperluan bangsa belanda, inggris, serta bangsa eropa yang lain. manfaat serta fungsi asuransi belum dikenal oleh masyarakat, lebih-lebih oleh masyarakat pribumi.

type asuransi yang sudah diperkenalkan di hindia belanda pada saat itu tetap amat terbatas serta beberapa besar terdiri dari asuransi kebakaran serta pengangkutan.

asuransi kendaraan bermotor tetap belum memegang peran, dikarenakan jumlah kendaraan bermotor tetap amat sedikit serta cuma dimiliki oleh bangsa belanda serta bangsa asing yang lain. pada zaman penjajahan tidak tercatat ada perusahaan asuransi kerugian satupun.

sepanjang berlangsungnya perang dunia ii aktivitas perasuransian di indonesia praktis terhenti, terlebih dikarenakan ditutupnya pemsahaan- perusahaan asuransi punya belanda serta inggris.

Salam
Berbagi Info

2 komentar:

  1. Saya masih pemula dalam blog mohon bantuannya
    Makanya saya rajin menyapa, karena dengan dmikian saya bisa mengetahui klebih banyak lagi seputar blog. Dan katanya klau klik iklan sobat akan menambah eksis blog itu. Jadi aku putuskan untuk mengklik semua iklan di blog sobat

    ReplyDelete